Hari Pertama #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam, itulah yang menjadi topik utama dalam tulisan kali ini sahabat, setelah kemarin sempat becerita tentang perjalan 5 sekawan menuju Kota Malang dengan judul “Blonek juga Taat Peraturan”. Acara yang disponsori oleh idblognetwork, Blogger Nusantara, XL, serta .id ini layaknya acara-acara sebelum-sebelumnya, acaranya full kearah talkshow dengan banyak pembicara didalamnya serta beberapa kuis dan hiburan untuk menghilangkan kejenuhan para sahabat blogger.

Persiapan dan Keberangkatan Menuju Tempat Acara

Pukul 06.00 WIB para blogger yang berada di Barak Tentara tengah bersiap-siap membersihkan diri dilanjutkan dengan sarapan pagi yang telah disediakan oleh panitia #Oblongmerahmuda. Acara HUT ke 4 Blogger Ngalam ini diadakan di salah satu Universitas di Malang, Universitas tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara (STIE MCE). Tepat pukul 09.00 WIB kami berangkat menuju ke tempat acara dengan menaiki kendaraan yang telah disiapkan oleh panitia #OblongMerahMuda.

Acara Pembukaan HUT ke 4 Blogger Ngalam

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Registrasi

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Registrasi

Pukul 09.30 WIB kami tiba di tempat acara, seperti biasa, setiap peserta yang hadir diharuskan untuk registrasi ulang hal ini dilakukan untuk pendataan ulang para peserta yang hadir pada saat itu. Antrian peserta saat registrasi tidak terelakkan dikarenakan banyaknya peserta yang hadir pada acara #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam ini, padatnya antrian ini menyebabkan aku ketinggalan beberapa menit untuk menikmati tarian pembukaan yang ada.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Tarian Pembukaan

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Tarian Pembukaan

Pembukaan acara HUT ke 4 Blogger Ngalam ini dimulai dengan sebuah hiburan tarian pembukaan yang dilanjutkan dengan pemutaran video sejarah Malang. Dalam video yang berdurasi tidak begitu lama ini, dijelaskan asal muasal kota Malang, dari yang awalnya sebuah kubah yang dipenuhi air, hingga menjadi sebuah daratan yang kini telah menjadi sebuah Kota yang dinamakan Malang.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Sambutan

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Sambutan

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama adalah dari ketua Blogger Ngalam yakni Sdra. Haqqi. Sambutan ke dua adalah dari ketua pelaksana #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam yakni Fajar Rahman. Sambutan ke tiga adalah dari Mbak Rika selaku perwakilan dari Blogger Nusantara dan idblognetwork, dalam sambutan ini Mbak Rika berpesan “Keep the passion for blogging, always.”. Sambutan yang terakhir adalah dari pihak Sponsor XL yang diwakili oleh Mas Saranto.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video tentang Rekontruksi Budaya Panji dilanjutkan dengan coffe break serta pemutaran video Festival Malang Kembali.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Coffe Break

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Coffe Break

Acara Inti #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam

Setelah asik menikmati hidangan coffe break, acara dilanjutkan ke sesi talkshow dengan kurang lebih terdapat 6 materi yang menjadi topik pembicaraan pada acara inti #OblongMerahMuda ini. Talkshow yang pertama adalah talkshow tentang sejarah kota malang yang dibawakan oleh Bpk. Dwi Cahyono selaku penikmat budaya dan sejarah, Bpk. Ovan Tobing, dan Bpk. Saranto selaku perwakilan dari sponsor XL.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Dwi Cahyono

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Dwi Cahyono

Perbincangan dengan bapak Dwi Cahyono lebih mengenai tentang Budaya dan Sejarah Kota Malang itu sendiri. Kebanyak dari para sahabat pasti banyak yang bertanya, mengapa dinamakan Malang? Sedangkan kata Malang dalam artian sebenarnya adalah selalu sial. Jadi begini sahabat, selama ini Malang selalu menjadi kota yang selalu mujur, terdapat beberapa hal yang menguatkan hal ini. Pertama dalam sejarah yang ada , Kerajaan Demak yang bersatu dengan Sekutu Belanda yang saat itu telah menguasai Jawa Timur, telah 3 kali gagal melancarkan serangan ke daerah ini dikarenakan tempatnya yang strategis dan keadaan alam yang tidak memungkinkan untuk dilakukan serangan. Kerena kemujuran ini lah akhirnya Daerah ini dinamakan Malang, kata Malang ini juga tertera dalam Babat Malang yang dibuat oleh Sultan Demak pada masa itu. Kedua adalah Malang merupakan daerah dengan hasil panen terbesar, itu mengapa pada tahun 1891 dibangun rute rel kereta api pertama di daerah ini. Ketiga, Malang pernah menjadi kota terbesar ke 2 dan juga menjadi salah satu nominasi yang akan dijadikan Ibukota pada saat itu. Karena ketiga hal ini lah daerah ini sampai saat ini di beri nama Malang.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Ovan Tobing

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Ovan Tobing

Pembicaraan kedua dengan Bpk. Ovan Tobing lebih kearah pemeliharaan sejarah dan budaya. Karena pada kenyataannya Malang yang sekarang telah berubah, tempat-tempat yang seharusnya menjadi saksi sejarah kini telah banyak yang dirobohkan dan dijadikan ruko-ruko. Masyarakat yang seharusnya peduli dengan bangunan-bangunan sejarah kini malah menghancurkan dan meneggelamkan aset sejarah yang ada.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Saranto

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Saranto

Perbincangan selanjutnya dengan Bpk. Sanarto yang materinya lebih menekankan terhadap mempromosikan XL dengan menjelaskan tentang XLangkah Lebih Maju dan pentingnya dunia internet. Secara harfiah memang tidak pas dengan kedua pembicara yang lainnya, namun ya itulah acaranya. :mrgreen:

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Sigit Widodo

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Sigit Widodo

Talkshow yang kedua dibawakan oleh Bpk. Sigit Widodo selaku Ketua Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Pada sesi ini beliau lebih menekankan akan pentingnya bagi kita blogger indonesia untuk lebih menggunakan doman .id. Beliau juga berkata, jika kita jika kita memang cinta terhadap indonesia, mungkin sudah selayaknya kita menggunakan konten lokal termasuh domain negara kita sendiri. Namun pada kenyataannya pada netizen di Indonesia lebih menyukai menggunakan domain .com .org .us dibandingkan dengan domain negaranya sendiri, termasuk aku. :D Andai saja domain .id ini bisa digunakan tanpa second level domain, mungkin aku akan beralih domain ke .id. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan ISHOMA dan beberapa kuis untuk menghilangkan kejenuhan.

Setelah menikmati makan siang dan shalat dzuhur, acara dilanjutkan ke Talkshow yang ke tiga dengan pematerinya adalah Bpk. Farid Gaban dan PamanTyo. Talkshow yang ke tiga ini merupakan talkshow yang aku senangi, dikarenak disini terdapat banyak sekali pengetahuan baru tentang dunia blogging. :D

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Farid Gaban

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Farid Gaban

Bpk. Farid Gaban yang lebih menjelaskan  tentang ekpedisi Zambrut Katulistiwanya, yang diadakan selama 10 bulan perjalan dengan menggunakan motor, dalam ekspedisinya ini beliau telah mengunjungi 80 pulau yang ada di Indonesia dengan menghasilkan 10.000 frame foto dan 70 jam video ekspedisi yang mana seluruh ekspedisinya ini juga di update di Facebook dan Website.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | PamanTyo

HUT ke 4 Blogger Ngalam | PamanTyo

PamanTyo yang lebih menjelaskan tentang pentingnya blog sebagai dokumentasi sosial dan kebebasan berekspresi. Dalam perbincangan ini Pamantyo juga menjelaskan kepada kita bahwasanya kita harus peduli, mengamati, mencatat, dan membagikan apa yang terjadi disekitar kita, dari yang unik sampai yang aneh. Tidak perlu berupa postingan yang panjang cukup berupa sebuah foto dan sedikit narasi yang menjelaskan apa yang terjadi itu sudah cukup. Persoalan yang ada sekarang adalah kemauan, tingkatkan kemauan kita untuk berbagi, jadikan kemauan itu menjadi kenyataan. Semua yang ada disekitar kita bisa menjadi topik untuk tulisan kita. Beliau juga mengatakan bahwasanya ngeblog adalah sebuah kemewahan yang harus diperjuangkan.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Demi Larasati

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Demi Larasati

Talkshow yang selanjutnya mengenai KapanLagi.com yang dibawakan oleh Mbak Demi Larasati. Dalam talkshow ini beliau mejelaskan bagaimana terbentuknya KapanLagi.com, yang semula bukan apa-apa dan banyak menerima kritikan dari kompetitor besar, yang semula hanya hidup didalam garasi, kini bisa menjadi besar hanya karna kegigihan dan kepercayaan seluruh orang yang menjadi bagian dari KapanLagi.com. Hanya dengan bermodal stiker yang ditempel di angkot-angkot dan kepercayaan yang ada, kini KapanLagi.com menjadi salah satu portal informasi terbesar di Indonesia. Dalam presentasi yang beliau bawakan, beliau mengatakan “Start Believing because without believing, none is happen”, sebuah kata yang penuh dengan makna didalamnya.

Talkshow berikutnya dibawakan oleh Id Mozilla dari malang yang diwakili oleh Sdra. Haqqi. Dan Talkshow yang terakhir adalah mengenai “Mendukung Konten Lokal Malang” yang dibawakan oleh Mas Herdian Ferdianto dan Bpk. Moh. Zamroni yang akrab dipanggil Pakzam. Dalam talkshownya ini beliau menjelaskan tentang konten lokan yang ada dimalang dan juga tentang freelancer dan personal branding.

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Mas Herdian

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Mas Herdian

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | PakZam

HUT ke 4 Blogger Ngalam | PakZam

Acara Terakhir #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam

#OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam | Foto Bareng

HUT ke 4 Blogger Ngalam | Foto Bareng

Setelah semua talkshow dilewati acara diakhiri dengan penutupan dan foto-foto, seperti biasa sahabat, sebuah acara tak lengkap rasanya jika tidak ada sesi foto bersama seluruh peserta dan panita acara. :D Acara berakhir sekitar pukul 17.00 WIB, dimana setiap perserta telah bersiap diri untuk kembali kepenginapan. Namun tidak dengan anak-anak Plat-M, kami lebih memilih untuk shalat Ashar terlebih dahulu, maklumlah kita sebagai Blogger Syariah jadi sudah seharusnya mementingkan ibadah terlebih dahulu. :mrgreen:

Berikut berita acara di Hari Pertama #OblongMerahMuda HUT ke 4 Blogger Ngalam. Namun acara ini tidak sampai disini sahabat, masih ada acara Saresehan yang diadakan  pada malam hari di barak tentara yang mana akan aku ceritakan ditulisanku berikutnya. :)